Review Infinix Note 40 Pro 5G

Review Infinix Note 40 Pro 5G

Review Infinix Note 40 Pro 5G: Meredefinisi Pengalaman Gaming di Kelas Menengah

Review Infinix Note 40 Pro 5G Tren game untuk perangkat bergerak (ponsel dan tablet) tak ada tanda-tanda melambat. Game ”mobile”, baik untuk platform Android maupun iOS, saat ini mendominasi unduhan di Google Play dan App Store.

Berdasarkan laporan perusahaan peneliti gim Newzoo melalui laporan Global Games Market Report, pasar mobile gaming mencapai 70 miliar dollar AS pada 2018 dan akan lebih dari 100 miliar dollar AS pada 2021.

Dua tren yang mendorong pertumbuhan itu adalah pengalaman immersive pada perangkat bergerak dan meningkatnya e-sport serta berbagai gim kompetitif. Konvergensi dari dua tren ini di mungkinkan oleh kemampuan perangkat keras yang meningkat cepat sehingga membuka jalan bagi genre permainan seperti Battle Royale berkembang di ponsel.

Game populer beberapa waktu terakhir, seperti Honkai Star Rail dan Genshin Impact, menurut Sensor Tower mampu meraup pendapatan sebesar USD40 juta atau sekitar Rp 606 miliar pada bulan Juli 2023. Sedangkan sedulurnya, yakni Genshin Impact, memperoleh penjualan hingga USD 31 juta atau sekitar Rp470 miliar.

Peluang pasar mobile gaming itu di manfaatkan produsen-produsen besar ponsel untuk merilis ponsel kelas atau ataupun menengah yang memungkinkan permainan gim yang kian canggih dan realistis, dengan layar yang mendukung (gaming phone).

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, Infinix meluncurkan senjata terbarunya, Infinix Note 40 Pro 5G, yang menjanjikan lebih dari sekadar spesifikasi untuk bermain game di kelas menengah tentu menarik dengan inovasi baterai dan pengisian daya yang canggih.

Ponsel yang tidak hanya tangguh untuk kegiatan sehari-hari tapi juga dilengkapi fitur yang mendukung pengalaman bermain game yang lebih imersi

Ponsel ini resmi di rilis di Indonesia pada tanggal 2 Mei 2024, menjadi sorotan utama bagi pencinta gadget. Berikut ulasan selengkapnya:.

Desain dan Tampilan

Infinix Note 40 Pro 5G hadir dengan layar AMOLED melengkung 6.78 inci yang tidak hanya menawarkan pengalaman visual yang memukau tetapi juga kenyamanan saat di genggam. Bezel layar jadi kelihatan lebih minim, sehingga pengalaman menonton video dan bermain game lebih maksimal.

Kualitas visual yang tajam dengan dukungan resolusi FHD+ dan refresh rate hingga 120Hz, cocok untuk segala jenis konten, dari menonton film hingga bermain game yang memerlukan respons cepat.

Layar Infinix Note 40 Pro 5G memiliki resolusi FHD+ dengan tingkat kecerahan puncak 1.300 nits. Refresh rate-nya adaptif sesuai kebutuhan, mulai dari 60Hz hingga 120Hz.

Layar juga sudah di beri kaca pelindung Gorilla Glass generasi ke-5 yang lebih tahan terhadap goresan dan bantingan ketika jatuh dari ketinggian 1,2 meter.

Kamera depan Infinix Note 40 Pro 5G beresolusi 32MP dan di letakkan pada wadah punch hole layaknya mayoritas HP flagship di pasaran saat ini.

Meski ukuran layar cukup besar dengan material bertekstur kulit yang biasanya lebih berat, bobot Infinix Note 40 Pro 5G relatif ringan yakni 190 gram. Tak perlu khawatir tangan jadi pegal bermain game dalam waktu lama.Desain yang ramping dengan ketebalan hanya 8.09 mm dan pilihan warna khsususnya yang kami ulas adalah Vintage Green menambah kesan premium dan modern.

Kamera

Infinix Note 40 Pro 5G tidak hanya unggul dalam hal desain, tetapi juga dalam kamera.

Dengan konfigurasi tiga kamera belakang, kamera utama 108MP menawarkan kemampuan mengambil gambar yang tajam dan jelas, terutama dalam kondisi cahaya yang baik.

Meski smartphone ini tak dibekali dengan sensor ultra wide-angle. Namun kalau kondisi cahaya berlimpah sudah sangat baik, hasil foto malam dengan mode Super Night bisa berikan ketajaman yang sangat baik. Tanpa memberikan efek cerah yang berlebih.

Ada banyak sekali mode kamera yang bisa dimanfaatkan dan dipilih. Overall, reproduksi warnanya cenderung cerah dan warm.

Sementara itu, kamera makro 2MP memungkinkan pengguna menangkap detail halus dengan perspektif unik, walaupun sensor yang lebih rendah mengurangi tingkat kejernihan.

Baca juga: 10 Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2024

Hasil jepretan Infinix Note 40 Pro 5G:

Review Infinix Note 40 Pro 5G

Performa dan Perangkat Lunak

Di tenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 7020 yang mendukung konektivitas 5G. Prosesor delapan inti (octa-core) ini mencakup dua inti Cortex-A78 dengan clockspeed maksimum 2,2 GHz. Dan enam inti Cortex-A55 dengan clockspeed maksimum 2 GHz.

Infinix Note 40 Pro 5G menjanjikan kinerja yang solid untuk kegiatan sehari-hari seperti menjelajahi web, menggulir media sosial, dan tentu bermain game.  Hp ini di dukung RAM sebesar 8 GB yang bisa di tambah 8 GB lagi secara virtual, dan memori internal 256 GB.

Bagi penggemar game, perangkat ini mampu menangani game dengan pengaturan grafis menengah ke bawah tanpa hambatan berarti. Kami menjajal dengan game Honkai Star Rail dan Genshin Impact keduanya bebas di libas tanpa lag. Meski kondisi smartphone mulai panas ketika di mainkan setengah jam keatas, namun tidak mengurangi performa saat bermain.

Sementara Free Fire bisa di libas pada setting grafis Ultra dan mode HighFPS di posisi High. Mobile Legends tidak pernah terjadi kendala pada setting grafis High dan mode refresh rate High.

Dalam pengujian yang melibatkan aplikasi benchmark Antutu, 3DMark dan PCMark, Infinix Note 40 Pro 5G mampu menyuguhkan hasil yang tergolong memuaskan. Pada pengujian melibatkan aplikasi Antutu, memperoleh skor 468911, lalu PCMark Work 3.0, ponsel ini memperoleh skor 11809.

Pada pengujian melibatkan aplikasi 3DMark Sling shot, smartphone ini memperoleh skor sebesar 2541, sedangkan pada pengujian 3DMark Wild Life Extreme, Infinix Note 40 Pro 5G memperoleh skor sebesar 456.

Perangkat ini menjalankan XOS 14 berbasis Android 14, yang tergolong bersih dan intuitif. Infinix juga menjanjikan dukungan update perangkat lunak besar selama dua tahun dan patch keamanan selama tiga tahun, menjamin keamanan dan kesegaran sistem dalam jangka panjang.

Baterai dan Pengisian Daya

Salah satu fitur unggulan dari Infinix Note 40 Pro 5G adalah kapasitas baterai besar 5000mAh. Yang mendukung pengisian daya kabel 45W dan nirkabel 20W. Dukungan 45W fast charging yang tergolong sangat kencang di kelas harganya. Dalam waktu 30 menit saja sudah bisa mencapai 65%, sementara untuk isi daya sampai penuh membutuhkan waktu hampir 60 menit.

Tidak hanya itu, smartphone ini juga di lengkapi dengan teknologi MagCharge yang memungkinkan pengisian daya nirkabel yang efisien. Termasuk saat berada di luar ruangan dengan menggunakan MagCase dan MagPower.

Chipset manajemen daya Cheetah X1 yang di kembangkan oleh Infinix berperan dalam mengoptimalkan efisiensi dan daya tahan baterai. Memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk mengatur kecepatan pengisian sesuai kebutuhan.

Inovasi seperti Bypass Charging 2.0 dan Universal Charging juga memastikan kompatibilitas dengan berbagai perangkat.

Kesimpulan

Berbicara tentang smartphone menengah, tentu kita tidak bisa berharap semua aspeknya sempurna. Memang, dari segi kameranya tidak memiliki sensor ultra-wide. Namun performanya yang ngebut membuat kami nyaman ketika multitasking, akses aplikasi, sementara sensor utama kameranya bisa di andalkan untuk low-light.

Infinix Note 40 Pro 5G menawarkan kombinasi menarik antara kehidupan baterai yang luar biasa. Opsi pengisian daya canggih, desain yang elegan, dan pengaturan kamera yang memadai.

Dengan harga Rp3,7 Juta, smartphone ini layak di pertimbangkan bagi siapa saja yang mencari ponsel kelas menengah. Dengan fitur gaming dengan pengisian daya generasi berikutnya.

Dapat di beli mulai tanggal 3 Mei 2024, Infinix Note 40 Pro 5G memang terlihat menjanjikan sebagai kandidat kuat di segmen pasar yang sengit ini.