Daftar 10 Kopi Paling Mahal di Dunia

Daftar 10 Kopi Paling Mahal di Dunia

Daftar 10 Kopi Paling Mahal di Dunia, Ada dari Indonesia!

Daftar 10 Kopi Paling Mahal di Dunia, Kopi adalah tanaman unik yang nilainya tidak hanya terletak pada kenikmatannya ketika menjadi sebuah minuman, tapi juga pada sejarah tradisi, dan kebudayaan tempatnya tumbuh.

Di temukan pertama kali pada abad ke-9 di Ethiopia, kini pemanfaatan kopi telah merambah luas hingga ke berbagai penjuru dunia.

Setidaknya, ada lebih dari 70 negara yang kini serius membudidayakan tanaman kopi, dan Indonesia termasuk salah satu di antaranya

Salah satu yang menjadikan kopi istimewa adalah cita rasa dan keharumannya yang berbeda-beda pada setiap varietasnya.

Di antara banyaknya varian kopi tersebut, beberapa bahkan menjadi primadona dan komoditas mewah bagi para pecinta kopi hingga tak sedikit orang rela merogoh kocek dalam hanya untuk mencicipinya.

Deretan Kopi Termahal di Dunia

Berikut ini adalah deretan kopi termahal di dunia yang wajib di coba jika Anda termasuk pecinta kopi:

1. Kopi Black Ivory

Black Ivory adalah kopi langka nan mahal asal Thailand Utara yang harga setiap 450 gramnya bisa mencapai $500-1500 dolar AS atau Rp8-24 juta jika di rupiahkan.

Kopi ini di produksi dengan cara yang unik, yaitu menggunakan biji kopi arabika berkualitas tinggi yang telah melalui sistem pencernaan gajah dalam waktu sekitar 20-72 jam.

Enzim dalam perut gajah akan memecah protein yang ada di dalam biji kopi, sehingga menghasilkan rasa yang lebih halus dan unik dengan sedikit wangi cokelat, bunga dan rempah-rempah.

2. Kopi Finca El Injerto

Finca El Injerto adalah kopi unik berkualitas tinggi yang berasal dari wilayah Huehuetenango di Guatemala.

Kopi premium ini terkenal dengan profil rasa yang megah karena menampilkan aroma buah tropis, anggur manis, dan sentuhan cokelat dan hazelnut yang intens.

Harga untuk rasa dan kualitas kopi unik tersebut bisa mencapai $500 per 450 gram atau sekitar 8 juta rupiah tergantung variasinya.

3. Kopi dari Perkebunan Hacienda La Esmeralda

Hacienda La Esmeralda adalah perkebunan kopi premium di provinsi Boquete, Panama yang terkenal dengan biji kopi geisha-nya yang luar biasa.

Kopi Geisha adalah varietas kopi yang berasal dari Ethiopia dan di bawa ke Panama pada tahun 1960-an. Ciri khas dari kopi ini terletak pada karakteristik rasanya yang kompleks dengan sentuhan floral dan buah-buahan.

Di pasaran, harga kopi ini bisa mencapai $350 dolar atau sekitar 5,6 juta rupiah untuk setiap 450 gramnya.

Baca juga: 10 Makanan Paling Aneh di Dunia

4. Kopi Luwak

Kopi asli Indonesia yang harganya bisa mencapai $160 dolar atau 2,5 juta rupiah per 450 gram. Memiliki proses produksi yang mirip dengan Black Ivory, hanya saja, di cerna oleh hewan.

Proses fermentasi alami pada saluran pencernaan luwak di percaya dapat memberikan cita rasa unik pada biji kopi sehingga menjadi pengalaman mewah bagi penikmat kopi.

5. Kopi Ospina

Ospina adalah salah satu merek kopi tertua di dunia karena telah berdiri sejak tahun 1835.

Merek kopi asal Kolombia ini di kenal sebagai penghasil kopi Arabika berkualitas tinggi dengan aroma yang memikat dan profil rasa yang mewah.

Untuk menikmati Kopi Ospina, penggemar kopi harus merogoh kocek sekitar $80-120 dolar atau setara Rp1,2-1,9 juta rupiah per 450 gram.

6. Kopi St. Helena

Kopi St. Helena berasal dari pulau terpencil St. Helena di Samudra Atlantik Selatan, dan di produksi dari salah satu varietas kopi langka, Green Tipped Bourbon.

Yang unik dari kopi ini adalah profil rasanya yang luar biasa karena menyajikan sentuhan harmonis antara aroma buah, jeruk, dan anggur.

Kopi langka ini di hargai sekitar $79 atau 1,2 juta rupiah per 450 gram, dan sekitar $16 atau 257 rupiah per cangkirnya.

7. Black Blood on Earth

Black Blood on Earth adalah kopi yang di ciptakan oleh Philip Broughton dengan mengambil biji kopi dari kawasan lembah Afrika dan Ethiopia.

Broughton mengolah kopi ini dengan teknik cold vacuum extraction untuk menghasilkan kopi berkafein yang minim asam. Hasilnya, kandungan kafein dalam Black Blood on Earth bisa mencapai 20-40 kali lebih banyak dari kopi biasa.

Untuk mencicipi kopi ekstrem ini, Anda harus merogoh kocek hingga $50 dolar atau Rp804.000 untuk setiap botol dengan ukuran 750ml.

8. Kopi Jamaica Blue Mountain

Sesuai namanya, Jamaica Blue Mountain adalah kopi yang di tanam di wilayah Blue Mountain di Jamaika dengan tanahnya yang subur, serta iklimnya yang sejuk dan berkabut.

Karena di tanam di lingkungan yang ideal, profil rasa dari kopi ini pun sangat unik, lembut, dan seimbang, dengan tingkat keasaman yang segar, dan sentuhan harum aroma rempah-rempah dan coklat.

Dengan kualitas tersebut, kopi ini pun di banderol dengan harga yang tinggi, mulai dari $50 hingga $200 dolar per 450 gram atau jika di rupiahkan bisa mencapai Rp804.000 hingga Rp3,4 juta.

9. Kopi Fazenda Santa Ines

Fazenda Santa Ines adalah kopi asal Brasil yang terkenal unik karena di produksi dengan metode pengolahan tradisional yang sudah ada sejak satu abad yang  lalu sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang manis dan kompleks.

Biji kopinya yang berasal dari kaki Gunung Mantiquera juga di sebut-sebut memiliki profil rasa yang beragam karena terasa seperti campuran buah dan kacang-kacangan.

Untuk setiap 450 gramnya kopi Fazenda Santa Ines di jual dengan harga $50-80 atau sekitar Rp804.000 hingga Rp1,2 juta.

10. El Salvador Los Planes

El Salvador Los Planes adalah salah satu jenis kopi bergengsi yang di anugerahi gelar sebagai biji kopi terbaik dunia oleh Cup of Excellence Award.

Karakternya yang yang unik adalah alasan utama di sematkannya gelar kopi terbaik kepada kopi asal dataran tinggi El Salvador tersebut.

Di sebut-sebut, rasa dari kopi ini tergantung dari tingkat roasting-nya. Biji yang di-roasting medium-roasted dominan akan terasa lebih nutty dan creamy. Sedangkan, biji deep-roasted lebih di dominasi aroma campuran blackcurrant, cokelat, dan gula merah.

Kopi ini pun  di banderol dengan harga yang cukup mahal, yakni $40-70 dolar per 450 gram. Atau jika dalam rupiah bisa mencapai sekitar Rp643.1900 hingga Rp1,1 juta.