10 Chef Terkenal di Indonesia

10 Chef Terkenal di Indonesia

10 Chef Terkenal di Indonesia, Rajin Muncul di TV

10 Chef Terkenal di Indonesia, Chef merupakan profesi yang bergelut di dunia kuliner dan menjadi salah satu pekerjaan yang di nilai menjanjikan. Apalagi saat ini sudah bermunculan berbagai celebrity chef.

Tidak seperti chef pada umumnya yang hanya bekerja di balik layar alias di dapur saja, celebrity chef memiliki kesempatan untuk mengenalkan dunia kuliner di berbagai media, salah satunya melalui acara TV.

Berbagai acara TV yang memiliki konsep kuliner sering mengundang deretan chef terkenal di Indonesia ini baik itu sebagai bintang tamu, pembawa acara, atau juri di acara kontes memasak.

Bahkan, beberapa diantaranya ada yang berhasil masuk ke acara luar negeri dan memiliki programnya sendiri.

Deretan Chef Terkenal di Indonesia

Selain terkenal karena kerap bermunculan di acara TV Indonesia, chef Indonesia yang memiliki popularitas tinggi ini juga memiliki berbagai prestasi dan bisnis dalam bidang kuliner.

Penasaran siapa saja mereka? Berikut daftar 10 chef terkenal di Indonesia:

1. Arnold Poernomo

Arnold Poernomo merupakan salah satu chef terkenal di Indonesia yang tenar melalui karirnya sebagai juri di acara TV MasterChef Indonesia sejak tahun 2013.

Celebrity chef yang sudah bergelut di dunia kuliner sejak umur 14 tahun ini juga terkenal karena sering melakukan interaksi dengan masyarakat melalui akun media sosial pribadinya.

Selain menjadi Chef, Arnold juga dikenal sebagai pebisnis yang sukses. Ia diketahui memiliki beberapa bisnis baik di Indonesia maupun luar negeri.

Beberapa diantaranya adalah Mangkokku yang ia buat bersama Kaesang Pangarep, Monkey’s Corner di Australia, dan Restoran Laci di Bali.

Selain itu, Chef Arnold juga memiliki channel Youtube yang sudah cukup terkenal dengan memiliki lebih dari 3 juta subscriber.

Dilansir dari Social Blade, Youtube Chef Arnold diperkirakan bisa memiliki penghasilan mencapai Rp. 110 juta per bulan.

Baca juga: Daftar 10 Kopi Paling Mahal di Dunia

2. Reynold Poernomo

Adik dari Chef Arnold ini dikenal sebagai celebrity chef di Australia. Ia mulai terkenal sejak mengikuti acara MasterChef Australia Season 7 pada tahun 2015 dan berhasil meraih posisi empat besar.

Reynold Poernomo sendiri lahir di Surabaya namun sudah pindah ke Australia sejak berusia 4 tahun. Dalam dunia kuliner, ia memfokuskan keterampilannya untuk membuat hidangan penutup atau dessert.

Kehebatannya dalam membuat hidangan penutup membuatnya sampai dijuluki sebagai King of Dessert dan diundang berkali-kali ke acara MasterChef Australia sebagai juri tamu.

Sebagai celebrity chef, tentunya Reynold juga memiliki restoran. Bersama keluarganya, ia membuka KOI Dessert Bar di Sydney yang merupakan salah satu tempat populer di kota itu.

Selain itu, Reynold juga menambah pundi-pundi uangnya melalui perilisan buku yang berjudul The Dessert Game pada tahun 2021 lalu.

3. Farah Quinn

Farah Quinn adalah salah satu chef terkenal di Indonesia yang tenar melalui acara TV berjudul Ala Chef pada tahun 2008.

Celebrity chef kelahiran Bandung ini banyak menghabiskan masa kecilnya untuk membantu sang ibu di dapur.

Kariernya di dunia kuliner dimulai saat ia bekerja di sebuah restoran Italia terkenal di Pittsburgh, Lidia’s Pittsburgh.

Chef Farah juga mengasah skill memasaknya dengan mengambil kelas pastry di Pittsburgh Culinary Institute.

Salah satu puncak kariernya ada pada tahun 2005. Saat itu, dibawah bimbingan Chef James Mullaney, Chef Farah mendapat kesempatan untuk menyajikan hidangan penutup yang disajikan ke Ibu Negara Amerika, Laura Bush dan beberapa delegasi dunia lainnya.

Selain itu, kekayaan Chef Farah juga ditambah dengan bisnis bolu Malang yang bermerek Queen Apple dan menerbitkan buku yang berjudul Healthy Happy Family.

4. Rinrin Marinka

Rinrin Marinka juga salah satu celebrity chef yang terkenal melalui acara TV, yakni MasterChef Indonesia.

Ia menjadi juri MasterChef Indonesia selama tiga musim sejak acara itu dimulai pada tahun 2011 bersama Chef Juna Rorimpandey dan Chef Vindex Tengker

Juru masak yang memiliki nama lengkap Maria Irene Susanto ini mulai menggeluti dunia kuliner dengan menempuh pendidikan memasak di Le Cordon Bleu, Sydney, Australia.

Saat menempuh pendidikan itu, Chef Marinka juga mencari ilmu di tempat lain dengan melakukan kegiatan magang di beberapa restoran.

Kemudian, ia kembali ke Indonesia pada tahun 2005 dan membuka bisnis Kafe Warung Telur Ceplok. Sayangnya, bisnis ini gagal dan harus tutup pada tahun 2007.

Namun Chef Marinka tidak putus asa dan kembali membuka bisnis kuliner Mars Kitchen pada tahun 2015. Restoran makanan sehat ini sukses dan masih bertahan hingga sekarang.

Selain itu, ia juga pernah menerbitkan buku resep yang berjudul Fantastic Cooking bersama Chef Rinrin Marinka. Buku ini berisi berbagai resep dari hidangan pembuka hingga penutup dan panduan untuk membuat kreasi kuliner.

5. Juna Rorimpandey

Siapa yang tidak tahu Chef Juna Rorimpandey? Chef terkenal di Indonesia ini termasuk sebagai celebrity chef yang mempunyai karakter tegas saat menjadi juri di acara MasterChef Indonesia.

Juru masak yang memiliki tampilan sangar dengan tato di tangannya ini mengawali karier memasaknya di Amerika. Tepatnya di restoran sushi Miyako yang berlokasi di Houston.

Meski awalnya berangkat ke Amerika untuk mendapatkan lisensi pilot, Chef Juna justru memiliki karier yang sukses di bidang kuliner dan berhasil menjadi Executive Chef di Uptown Sushi pada tahun 2003.

Ketika kembali ke Indonesia pada tahun 2011, ia juga berhasil menjadi Executive Chef di Jack Rabbit Restaurant yang merupakan salah satu restoran kelas atas di Jakarta.

Kemahirannya dalam memasak membuatnya ditarik sebagai juri MasterChef sejak musim pertama di tahun 2011.

Sebagai Chef terkenal, tentunya Chef Juna juga memiliki usaha di bidang kuliner. Ia membuka restoran mewah bernama Correlate yang menyajikan hidangan Jepang dan Prancis.

6. William Gozali

William Gozali atau yang biasa dikenal dengan sebutan Willgoz merupakan chef yang juga terkenal melalui acara TV MasterChef Indonesia.

Namun, berbeda dari Chef yang lainnya, Willgoz merupakan peserta dari acara ini. Ia termasuk sebagai peserta MasterChef Season 3 dan berhasil keluar sebagai juara.

Sebelum mengikuti acara tersebut, Willgoz memang sudah memiliki latar belakang kuliner yang kuat.

Ia menempuh pendidikan kulinernya di Le Cordon Bleu, Australia dan mendapatkan gelar Diplome de Cuisine untuk jurusan Cooking and Related Culinary Arts.

Popularitasnya semakin bertambah ketika ia menjadi Youtuber. Dalam akun Youtube Willgoz Kitchen, ia kerap membagikan resep dan tips memasak.

Saat ini, akun Youtubenya tersebut sudah memiliki lebih dari 1,8 juta subscriber. Dilansir dari Social Blade, Willgoz di perkirakan bisa menghasilkan uang mencapai Rp. 100 juta per bulan dari Youtubenya tersebut.

Tentunya, sebagai Chef terkenal Willgoz juga membuka berbagai usaha di bidang kuliner. Beberapa di antaranya adalah Sunny Fatday, South Bakmi Boys dan Wokhead.

Ia juga pernah berkolaborasi dengan Chef Juna dalam menciptakan kreasi menu spesial untuk Daily Box.

7. Renatta Moeloek

Chef terkenal di Indonesia selanjutnya adalah Renatta Moeloek yang masih bagian dari acara TV MasterChef sebagai juri sejak musim kelima.

Chef Renatta menempuh pendidikan kulinernya di Le Cordon Bleu, Prancis dan berhasil meraih gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry pada tahun 2018.

Setelah lulus, ia sempat bekerja di Garance Saint Dominique, Paris yang merupakan salah satu restoran dengan bintang Michelin.

Di Indonesia sendiri, ia memiliki karier sebagai konsultan untuk berbagai restoran. Selain itu, ia juga mempunyai restoran makanan sehat dan mewah bernama Fedwell. Sayangnya, Fedwell harus tutup pada Februari 2023 lalu.

8. Vindex Tengker

Vindex Valentino Tengker adalah salah satu chef Indonesia dengan pengalaman yang segudang.

Ia memulai kariernya dalam dunia kuliner dengan menempuh pendidikan D-III Manajemen Perhotelan di Akademi Pariwisata dan berfokus dalam jurusan memasak.

Namanya mulai di kenal di dunia kuliner saat ia menjadi chef untuk Amandari Hotel Ubud Bali. Kemudian Chef Vindex juga pernah bekerja di luar negeri seperti Los Angeles dan Spanyol.

Chef kelahiran tahun 1968 ini akhirnya mulai di kenal luas oleh masyarakat Indonesia setelah menjadi salah satu juri utama di MasterChef Indonesia musim pertama.

Selain itu, ia juga muncul di berbagai acara TV lainnya seperti Top Chef Indonesia dan Cooking Master.

Chef Vindex juga memiliki beberapa usaha di bidang kuliner. Salah satu yang paling terkenal adalah Kasih Restaurant yang berada di Los Angeles.

Restoran hidangan Indonesia ini cukup terkenal disana dan pernah di ulas oleh beberapa media ternama seperti LA Times dan Eater La.

Sayangnya, restoran ini harus tutup pada tahun 2020 karena pandemi Covid-19.

9. William Wongso

Sebagai salah satu pakar kuliner Indonesia, William Wongso sebenarnya tidak pernah memiliki latar belakang pendidikan kuliner.

Chef senior yang aktif pada tahun 1970 ini mempelajari cara memasak dari warga lokal, pemilik warung, dan travelling ke berbagai daerah.

Keahlian memasak Chef William Wongso sudah di akui oleh dunia kuliner. Ia pernah menjadi konsultan kuliner Garuda Indonesia dan menjadi pembawa acara TV Cooking Adventure with William Wongso.

Chef William juga memiliki banyak penghargaan di dunia kuliner. Salah satunya adalah Medaille d’Honneur dari Academie du Pain Indonesia di Paris yang di dapatkan pada tahun 2018.

Namanya semakin di kenal luas oleh publik setelah muncul di acara TV National Geographic, Gordon Ramsay: Uncharted Season 2.

Tidak hanya itu, Chef William Wongso juga di kenal sebagai penulis buku yang cukup sukses. Ia menerbitkan beberapa buku, seperti Spicy Padang Cookies dan Homestay Indonesian Cooking.

Bahkan, salah satu bukunya yang berjudul Flavor of Indonesia – William Wongso Culinary Wonder berhasil meraih penghargaan Best Cook Book of The Year 2017.

10. Yuda Bustara

Chef terkenal di Indonesia yang terakhir adalah pria berbadan kekar yang bernama Yuda Bustara. Pria kelahiran tahun 1987 ini menjadi terkenal setelah memandu acara Urban Food di Kompas TV.

Selain itu, ia juga sering muncul di acara memasak lainnya seperti Iron Chef Indonesia dan pernah mengisi acara di Asian Food Network.

Chef Yuda saat ini berfokus untuk menyajikan makanan sehat dan memiliki misi untuk makanan yang sehat dan benar ke masyarakat Indonesia.

Pria yang pernah menjadi Abang None Jakarta Selatan ini juga sempat memiliki usaha fine dining bernama Tree Food Concept yang ia dirikan bersama kedua temannya.

Saat ini, Chef Yuda masih sering menghasilkan menu-menu unggulan saat berkolaborasi dengan berbagai hotel di Indonesia.