10 Lagu IU Bertema Sedih

10 Lagu IU Bertema Sedih

10 Lagu IU Bertema Sedih dan Penuh Emosional

10 Lagu IU Bertema Sedih Dalam acara konser 2024 IU Here World Tour Concert in Jakarta yang di gelar di ICE BSD pada 27-28 April 2024 kemarin, meninggalkan banyak momen manis antara sang solois dengan UAENA (sebutan fans IU).

Saat IU mengadakan sesi En-Encore (encore kedua dari konser), IU memberi kesempatan kepada penggemarnya untuk memilih lagu yang ingin mereka dengarkan dari IU.

Kesempatan yang sangat jarang terjadi ini di manfaatkan sebaik mungkin oleh para penggemarnya sambil mengangkat kertas bertuliskan lagu yang ingin mereka dengarkan.

Setelah melihat-lihat judul lagu-lagu permintaan penggemar, IU menyadari bahwa UAENA Indonesia sangat menyukai lagu-lagu ballad bertema sedih.

Knees dan My Sea menjadi lagu terbanyak yang di-request selama dua hari konser.

Sesuai kesepakatan, IU mengabulkan permintaan penggemar dan membawakan lagu-lagu tersebut, walaupun ia dan tim-nya tidak melakukan persiapan maksimal untuk menyanyikan lagu ‘My Sea’.

Deretan Lagu IU Sedih

Sejak debut pertama di tahun 2008, IU telah merilis lima album studio, sebelas EP, 47 single, lima album single, dua album remake, dan dua kompilasi album.

Setiap album tersebut memiliki suasana dan emosional yang berbeda-beda, salah satunya adalah tema sedih.

Berikut daftar lagu IU bertema sedih yang paling banyak di sukai penggemarnya, berikut daftarnya:

1. Ending Scene

Lagu IU dengan tema ballad yang paling terkenal pertama adalah “Ending Scene” dari album “Palette”.

Lagu yang di buat oleh penyanyi dan penulis lagu Sam Kim ini mendeskripsikan perasaan patah hati yang sangat dalam.

Lirik lagu dan musik yang menyentuh di sampaikan dengan baik melalui suara IU yang lembut dan penuh emosional.

Selain faktor lagunya, pemilihan aktor Kim Soo-hyun pada music video ini juga menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang mendengar lagu bertema sedih ini.

2. Through The Night

Through The Night adalah lagu ballad yang di tulis oleh IU sendiri.

Lagu ini menggambarkan seorang wanita yang menulis surat untuk kekasihnya di suatu malam yang damai.

Lagu dengan instrumen yang minimal ini tersampaikan dengan baik melalui vokalnya yang lembut dan lirik yang puitis. Melalui lagu ini, IU berharap semua orang dapat mengenang dirinya setiap mendengarkan lagu ini.

3. Dear Name

Dear Name menjadi salah satu lagu ballad dari album “Palette” yang dirilis pada tahun 2017.

Lagu yang dimulai dengan piano, gitar, dan vokal yang lembut, ini menjadi lagu ballad yang menampilkan emosi dan vokal IU yang luar biasa.

Lagu yang di tulis bersama komposer Kim Ee-na tersebut berbicara tentang perasaan mencintai seseorang yang telah pergi dan berupaya untuk mengingat sosok tersebut dengan menyebutkan namanya.

Bagian yang menyedihkan, IU pernah menyanyikan lagu ini tepat di hari kematian mendiang sahabatnya, Sulli.

Saking emosionalnya, IU sampai nangis karena tidak bisa menahan rasa sedih dan lirik lagu yang begitu dalam.

4. Give You My Heart

Give You My Heart adalah lagu IU yang di mainkan dalam drama korea terpopuler, Crash Landing on You” di tahun 2020.

Lagu mengekspresikan perasaan yang tulus saat mencintai seseorang dengan sangat tulus, mencerminkan jalan cerita drama itu sendiri.

Melalui penghayatan dan lirik lagu yang dalam, lagu ini terdengar sangat sempurna saat di putar di dalam drama.

Baca juga: Film dan Dokumenter tentang Sekte Sesat

5. Love Letter

Love Letter adalah lagu IU yang menampilkan lirik puitis bertema perpisahan.

Melalui liriknya, IU menyampaikan perasaan melankolis dan mengingat momen-momen kecil tetapi berharga bersama seseorang yang telah berpisah darinya.

Menariknya, di lagu ini IU banyak menggunakan metafora visual yang membuat pendengarnya dengan mudah membayangkan pesan yang ingin di sampaikan.

6. Knees

Knees adalah salah satu lagu IU bertema sedih yang paling banyak di-request dalam konsernya kemarin.

Lagu ini mengungkapkan kerinduan masa lalu, di mana ia bisa tidur dengan nyenyak di atas lutut ibunya yang hangat.

Secara musikal, lagu ini sangat sederhana dan tenang. Tapi berkat vokal dan penghayatan IU yang sangat baik, lagu ini menjadi sangat di sukai penggemarnya.

7. Dreams in Summer Night

Dreams in Summer Night adalah sebuah lagu yang menggambarkan kenangan dan suasana yang lembut.

Lirik lagu ini mengambil tema nostalgia, di mana semua anak-anak sangat menghargai momen-momen kecil bersama orang terkasihnya.

8. Voice Mail

Voice Mail adalah salah satu bagian dari album “Modern Times” yang di rilis pada tahun 2013.

Lagu ini menggambarkan perasaan sedih dan kekecewaan seseorang yang mencoba berkomunikasi dengan kekasihnya yang sudah tidak peduli lagi.

Dalam liriknya, IU menggambarkan situasi di mana ia mencoba berkali-kali untuk menghubungi kekasihnya melalui pesan suara karena tidak bisa berbicara langsung.

Liriknya menunjukkan rasa frustrasi dan kesedihan karena terus-menerus di abaikan, dan ia mulai mempertanyakan nilai hubungan mereka.

9. Love Poem

Berikutnya ada “Love Poem” yang merupakan lagu utama dari EP berjudul sama yang di rilis pada tahun 2019.

Lagu ini memiliki liriik yang puitis dan melodi dengan suasana yang menyedihkan.

IU menyampaikan melalui lagunya bahwa dia akan ada untuk mendengarkan dan berada di sisi pendengarnya, bahkan dalam kesunyian.

“Love Poem” juga memiliki dimensi personal bagi IU, karena di ketahui bahwa ia menulis lagu ini saat salah satu temannya, yang juga seorang artis, mengalami masa yang sangat sulit.

Oleh karena itu, lagu ini tidak hanya berfungsi sebagai sumber kekuatan bagi para pendengarnya, tetapi juga sebagai sarana bagi IU untuk mengekspresikan dukungannya dan perasaan empati yang mendalam terhadap teman dan pendengarnya.

10. The First Breakup, That Night

The First Breakup, That Night adalah sebuah lagu ballad emosional yang menggambarkan perasaan seseorang setelah mengalami perpisahan pertama.

Lagu ini mencerminkan kepedihan dan kesepian yang di alami seseorang saat merenungkan kenangan dan momen-momen yang telah mereka bagikan dengan orang yang mereka cintai, tetapi sekarang telah pergi.