Drummer Terbaik dalam Sejarah

Drummer Terbaik dalam Sejarah

10 Drummer Terbaik dalam Sejarah Musik Dunia

Drummer Terbaik dalam Sejarah Ini dia 10 drummer terbaik di dunia yang membawa pengaruh besar di industri musik. Inovasi dan gaya permainannya masih di gunakan dan menjadi bahan pembelajaran bagi musisi-musisi muda hingga saat ini.

Eloy Casagrande, mantan personnel Sepultura, resmi menggantikan posisi Jay Weinberg sebagai drummer terbaru Slipknot.

Informasi ini di sampaikan secara resmi melalui unggahan foto Eloy yang memakai topeng putih dan jumpsuit merah khas Slipknot di media sosial.

Usai mengunggah postingan tersebut, banyak penggemar yang merasa kecewa dengan desain topeng putih yang di gunakan Eloy yang di anggap tidak seram.

Terlepas dari itu semua, para penggemar menyambut dengan baik kedatangan Eloy Casagrande sebagai anggota keluarga baru Slipknot.

Drummer Terbaik di Dunia Sepanjang Sejarah Musik

Pemilihan Eloy Casagrande sebagai drummer baru Slipknot menjadi keputusan yang tepat.

Pasalnya, mantan drummer Sepultura berusia 33 tahun tersebut, memiliki gaya musik yang powerful dan ketepatan tempo cepat yang sangat baik.

Permainan drum-nya cukup menginspirasi drummer di luar sana.

Tapi di luar sana, masih banyak drummer profesional lain yang memiliki skill yang lebih baik darinya. Berikut daftar drummer terbaik yang bisa di jadikan referensi:

1. Neil Peart

Neil Peart adalah drummer band rock progresif Rush yang gaya permainan drumnya di akui oleh banyak orang.

Selama berkarir, ia sering mengisi solo drum selama konsernya. Gaya permainannya yang legendaris membuat dirinya terkenal dan di dapuk sebagai drummer terbaik.

Bagi yang penasaran, Anda bisa dengar lagu-lagu seperti Tom Sawyer dan 2112 untuk mendengar permainan drumnya.

2. Buddy Rich

Buddy Rich di kenal sebagai drummer yang energik, memiliki teknik permainan yang sempurna, dan kecepatan yang luar biasa.

Rich bermain drum saat ia berumur 18 bulan di Vaudeville dan menjadi pemimpin band saat berumur 11 tahun.

Saat memasuki usia dewasa, ia sering tampil bersama musisi-musisi ternama di abad ke-20, seperti Charlie Parker, Frank Sinatra, Louis Armstrong, dan masih banyak lainnya.

Sosoknya sangat di kenal luas melalui permainan solo drum yang tidak hanya menunjukkan kecepatan, tetapi juga menonjolkan teknik yang luar biasa.

3. John Bonham

John Bonham adalah drummer band rock Led Zeppelin yang gaya permainannya banyak di pengaruhi oleh musisi jazz ternama, seperti Max Roach, Gene Krupa, dan Buddy Rich.

Selama masa hidupnya, dia di nobatkan sebagai pemain drum terbaik karena memiliki kecepatan kaki kanannya yang cepat, permainan yang powerful, dan ketepatan tempo yang luar biasa.

Bagi yang tertarik ingin mendengarkan permainannya, Anda bisa mendengarkan album Led Zeppelin II dan Physical Graffiti.

Baca juga: 10 Lagu IU Bertema Sedih

4. Vinnie Colaiuta

Vinnie Colaiuta adalah seorang drummer yang bermain untuk banyak musisi ternama, mulai dari Norah Jones, Megadeth, Stink, dan masih banyak lainnya.

Setelah lulus dari Berklee College of Music, ia bergabung dengan band Frank Zappa sebagai drummer.

Setelah hengkang dari Zappa, ia melanjutkan karirnya sebagai drummer lepas dan bekerja sama dengan musisi ternama lainnya, seperti John Patitucci, Ray Charles, Josh Groban, Steely Dan, Bill Evans, dan banyak lainnya.

Penampilan terbaiknya bisa di lihat dari lagu Joe’s Garage dari  Frank Zappa dan Ten Summoner’s Tales dari Sting.

5. Ringo Starr

Ringo Starr di kenal sebagai drummer The Beatles karena ia menjadi sosok utama yang membuat suara khas The Beatles yang sangat ikonik.

Banyak musisi baru di luar sana yang terinspirasi olehnya, terutama bagi orang-orang kidal.

Sebab, ia menjadi sosok pertama yang berhasil menunjukkan pengaturan nada suara drum yang unik, melalui kekuatan tangan kanan yang cenderung lebih lemah daripada tangan kiri.

Lagu yang menunjukkan permainan terbaiknya adalah Abbey Road dari The Beatles dan Ringo dari Ringo Starr.

6. Stewart Copeland

Stewart Copeland adalah drummer The Police yang di kenal karena kreativitas, ketepatan tempo, dan permainan drum yang di pengaruhi musik reggae.

Pertama kali bermain drum saat berusia 12 tahun. Pada tahun 1977, ia mendirikan band The police membuatnya terkenal melalui permainan yang apik.

Ciri khas permainannya terletak di permainan hi-hat yang rumit, dan pola snare drum yang sangat sinkron.

Bagi yang penasaran, Anda bisa mendengarkan lagu Ghost in the Machine dan Synchronicity untuk mendengar teknik permainannya yang luar biasa.

7. Gene Krupa

Gene Krupa adalah pemain drummer solo yang paling populer sepanjang sejarah.

Meski sering bermain solo, ia juga sering bekerja sama dengan musisi-musisi ternama di masanya.

Penampilan drum-nya yang paling populer muncul dalam rekaman “Sing, Sing, Sing” milik Benny Goodman.

Dalam lagu itu, ia menggabungkan teknik drum dan pertunjukkan stik drum yang sangat memukau.

TIdak hanya itu, ia juga menjadi sosok yang bertanggung jawab atas pembuatan set drum yang masih di gunakan saat ini.

Untuk mendengar karya-karyanya, Anda bisa mendengarkan lagu The Famous 1938 Carnegie Hall Jazz Concert oleh Benny Goodman dan Krupa and Rich oleh Gene Krupa dan Buddy Rich.

8. Mitch Mitchell

Mitch Mitchell adalah sosok drummer rock terkenal yang mempengaruhi gaya permainan fusion dalam musik jazz di tahun 1960-1970-an.

Dia sangat paham bahwa setting drum dalam musik jazz sangat penting bagi drummer untuk menghasilkan melodi yang pas.

Gaya permainannya yang menjadi ciri khas-nya adalah permainan triplet yang menjadi pondasi ide dasar alur permainannya.

Karya terbaiknya bisa di dengar melalui lagu Are You Experienced dan Electric Ladyland dari The Jimi Hendrix Experience.

9. Al Jackson Jr.

Al Jackson Jr. adalah drummer legendaris Stax yang di kenal sebagai manusia tempo terbaik.

Selama masa hidupnya, ia banyak bekerja sama dengan musisi ternama, seperti Eric Clapton dan mendirikan band bernama Booker T. & the MGs yang menjadi gerbang masa depan ritme funk dan hip-hop yang di gunakan hingga saat ini.

10. Elvin Jones

Terakhir ada Elvin Jones yang merupakan sosok paling berpengaruh dalam permainan drum jazz. Dia di kenal dengan penggunaan komposisi berbasis triplet dan ketepatan tempo yang sangat baik.

Tidak hanya itu saja, ia juga bisa menghasilkan timbre dan tekstur nada yang sangat unik. Namanya mulai di kenal setelah ia bergabung dengan Kuartet John Coltrane di awal tahun 1960-an.

Selain bermain untuk Coltrane, ia juga sering bermain dengan Wayne Shorter, Joe Henderson, McCoy Tyner, Ornette Coleman, Thad Jones, Charles Mingus, Miles Davis, dan Lee Konitz.