Daftar 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia

Daftar 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia

Daftar 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia Versi Fortune

Daftar 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia Garibaldi Thohir atau Boy Thohir sempat mengaku bahwa sepertiga penyumbang ekonomi Indonesia siap untuk memenangkan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Perusahaan yang dimaksud oleh Boy Thohir itu adalah grup konglomerasi besar dan bisa dibilang perusahaan tersukses di Indonesia, yaitu Grup Adaro, Djarum, dan Sampoerna.

Selain tiga perusahaan itu, Boy juga menyebut Arini Subianto, wanita terkaya di Indonesia juga siap memenangkan Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024 mendatang.

Daftar Perusahaan Terbesar di Indonesia Serta Pendapatannya

Indonesia adalah salah satu negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara, didukung oleh sejumlah besar perusahaan besar yang memainkan peran penting dalam pertumbuhan ekonomi negara ini. Berdasarkan pendapatan mereka, berikut adalah analisis dari 20 perusahaan terbesar di Indonesia serta kontribusi mereka terhadap perekonomian nasional.

1. PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Pendapatan PT. Telkom Indonesia mencapai level yang luar biasa, terutama karena dominasi mereka dalam industri telekomunikasi. Layanan telepon, internet, dan TV kabel mereka mendominasi pasar, terutama karena penetrasi internet yang semakin meningkat di Indonesia.

2. PT. Pertamina (Persero)

Pertamina merupakan raksasa energi yang menghasilkan pendapatan melalui pengeboran minyak dan gas, serta distribusi produk-produk bahan bakar fosil. Fluktuasi harga minyak dunia secara langsung mempengaruhi pendapatan Pertamina, membuatnya menjadi perusahaan yang sangat bergantung pada faktor eksternal.

Baca juga: Bitcoin Catat Rekor Harga Tertinggi

3. PT. Bank Central Asia Tbk (BCA)

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA memperoleh pendapatan utama dari bunga pinjaman, komisi, dan biaya transaksi. Terlepas dari tantangan dari fintech dan persaingan antarbank, BCA terus mendominasi pasar perbankan Indonesia.

4. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI)

BRI terkenal karena fokusnya pada masyarakat dan sektor UKM. Pendapatan utama mereka berasal dari bunga pinjaman, serta biaya layanan perbankan. Pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Indonesia mendukung kinerja BRI.

5. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk

Mandiri memiliki kehadiran yang kuat di berbagai segmen pasar, dari perbankan ritel hingga layanan korporat dan investasi. Pendapatan mereka terutama berasal dari bunga pinjaman dan layanan keuangan.

6. PT. Astra International Tbk

Astra International adalah konglomerat terbesar di Indonesia, dengan bisnis yang mencakup otomotif, pertambangan, agribisnis, infrastruktur, dan layanan keuangan. Pendapatan mereka berasal dari penjualan mobil, pertambangan, dan investasi di berbagai industri.

7. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)

Sebagai salah satu bank tertua di Indonesia, BNI memiliki basis pelanggan yang kuat di berbagai sektor. Pendapatan mereka berasal dari bunga pinjaman, komisi, dan layanan perbankan lainnya.

8. PT. Unilever Indonesia Tbk

Unilever Indonesia adalah pemimpin dalam industri barang konsumen, dengan portofolio produk yang luas termasuk makanan, minuman, perawatan pribadi, dan kebersihan. Namun Pendapatan mereka berasal dari penjualan produk-produk tersebut.

9. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Indofood CBP Sukses Makmur adalah bagian dari Indofood Group dan memiliki pendapatan yang signifikan dari penjualan produk makanan dan minuman, terutama dengan merek-merek terkenal seperti Indomie dan Teh Botol Sosro.

10. PT. Bank CIMB Niaga Tbk

CIMB Niaga adalah salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan pendapatan utama dari bunga pinjaman, biaya transaksi, dan layanan perbankan lainnya. Mereka telah menunjukkan pertumbuhan yang stabil di tengah persaingan yang ketat.

11. PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel)

Telkomsel, sebagai penyedia layanan seluler terbesar di Indonesia, memiliki pendapatan yang besar dari penjualan paket data, layanan suara, dan layanan lainnya. Penetrasi smartphone yang semakin meningkat telah mendukung pertumbuhan Telkomsel.

12. PT. HM Sampoerna Tbk

Sampoerna adalah pemain utama di industri rokok Indonesia, dengan merek-merek seperti Sampoerna, A Mild, dan Dji Sam Soe. Meskipun peraturan yang lebih ketat tentang merokok, Sampoerna tetap memiliki pendapatan yang kuat.

13. PT. Bank Danamon Indonesia Tbk

Danamon adalah bank swasta terbesar di Indonesia dengan pendapatan utama dari bunga pinjaman, biaya transaksi, dan layanan perbankan lainnya. Namun Mereka telah aktif dalam ekspansi dan diversifikasi produk untuk memperkuat pendapatan mereka.

14. PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

Indofood Sukses Makmur, bagian dari Indofood Group, memiliki pendapatan yang besar dari penjualan produk makanan dan minuman, seperti mie instan, makanan olahan, dan minuman kemasan.

15. PT. XL Axiata Tbk

XL Axiata, penyedia layanan seluler terkemuka, memiliki pendapatan yang besar dari penjualan paket data, layanan suara, dan layanan lainnya. Investasi mereka dalam infrastruktur telekomunikasi telah membantu mereka mempertahankan pangsa pasar yang kuat.

16. PT. Bank Permata Tbk

Bank Permata, meskipun relatif lebih kecil dari beberapa pesaingnya, memiliki pendapatan yang signifikan dari bunga pinjaman, biaya transaksi, dan layanan perbankan lainnya. Mereka terus berupaya untuk memperluas jaringan dan layanan mereka.

17. PT. Adaro Energy Tbk

Adaro Energy adalah salah satu perusahaan tambang terbesar di Indonesia, dengan pendapatan utama dari penjualan batu bara. Namun Fluktuasi harga komoditas berdampak pada pendapatan mereka, namun permintaan global terus mendorong kinerja perusahaan.

18. PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN)

BTN adalah bank yang fokus pada pembiayaan perumahan dan memiliki pendapatan utama dari bunga pinjaman hipotek. Dengan program-program pemerintah untuk meningkatkan akses perumahan, BTN terus melihat pertumbuhan potensial.

19. PT. Gudang Garam Tbk

Gudang Garam adalah salah satu produsen rokok terkemuka di Indonesia, dengan pendapatan yang berasal dari penjualan berbagai merek rokok kretek. Meskipun ada perubahan perilaku merokok di Indonesia, Gudang Garam tetap menjadi pemain kuat di pasar.

20. PT. Vale Indonesia Tbk

Vale Indonesia adalah perusahaan tambang nikel terbesar di Indonesia, namun dengan pendapatan utama dari penjualan nikel dan produk turunannya. Permintaan global untuk nikel dalam industri baterai dan konstruksi telah mendukung pertumbuhan perusahaan.